Irilah kepada orang berilmu yang mengamalkan ilmu-Nya & orang berharta yang menyedekahkan harta-Nya

By Dana Anwari. Allah berfirman dalam surat An Nisa:95 : Allah melebihkan orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk satu derajat.
Haruskah kita iri kepada orang yang lebih tinggi derajatnya karena berjuang di jalan Allah dengan ilmu, harta dan jiwanya?

Sikap iri akan melahirkan tindakan iri yakni ingin melebihi sesuatu yang membuat kita iri. Tapi hati-hatilah, karena sifat iri sangat tipis batasnya dengan dengki.

Dengki adalah sifat iri yang berniat menghancurkan --tidak sekadar melebihi-- sesuatu yang membuat kita iri. Dengan kedengkian, kita menciptakan perang. Padahal perang hanya boleh dilakukan kepada mereka yang mengajak kita ingkar dari ketaatan kepada Allah SWT dan ajaran Nabi Muhammad SAW.

Kompetisi dalam berbisnis atau berdagang bukan berperang. Justru dengan kompetisi kita meningkatkan kualitas, berlomba-lomba untuk menjadi lebih meningkatan kualitas kesuksesan.

Ujung dari kompetisi adalah meningkatkan kualitas kesuksesan yang tidak cuma kita rasakan tetapi bisa dirasakan oleh seluruh stake holder dan penghuni bumi, dan meneguhkan fitrah kemanusiaan kita sebagai khalifah di bumi.

So, irilah kepada orang berilmu yang memanfaatkan ilmunya di jalan Tuhannya: tiada Tuhan selain. Dan, irilah kepada orang berharta yang memanfaatkan hartanya di jalan Allah.
Hanya di jalan Allah sajalah kebaikan sejati dapat diraih dan dinikmati.
sukseskompetisi.blogspot.com
*

No comments: